Monday, December 10, 2007

Earth Finance Launching

KOMPAS 11 DECEMBER 2007
LAPORAN KHUSUS COP-13 BALI
(UN Climate Change Conference 2007 Bali-Indonesia)


Dana Bumi Diluncurkan

Nusa dua, kompas – dua lembaga keuangan internasional yang dibentuk untuk menandai sector swasta dengan isu lingkungan meluncurkan kemitraan dalam dana bumi di NUSA DUA, Bali, Senin(10/12) siang.

Kedua lembaga itu adalah The Global Environmental Facility (GEF) dan International Finance Corporation (IFC). Dan tersebut ditujukan guna mendukung upaya-upaya mengatasi persoalan lingkungan yang bersifat inovatif dan berbasis pasar.

GEF akan menyumbang dana sebesar 50 juta dollar AS, sedangkan International Finance Corporation (IFC) akan memberikan dana sebesar 10 juta dollar AS. Kemitraan ini telah berhasil menarik dana dari mitra – mitra lainnya dan diharapkan bisa terkumpul hingga 200 juta dollar AS. Dana tambahan itu terkumpul dari kontribusi perusahaan – perusahaan swasta, yayasan, organisasi non pemerintah, dan beberapa lembaga pembangunan.

Selain bantuan dalam bentuk dana, ada juga dalam bentuk hadiah dan modal. Bantuan dalam bentuk hadiah akan di koordinasikan dengan Price Capital LLC, sebuah perusahaan swasta yang mengkombinasikan hadiah dan modal untuk mencapai pemecahan atas persoalan lingkungan.

Pendiri dan Ketua Price Capital LLC Charles Linbergh mengatakan, ‘Hadiah perangsang ini telah ada selama berabad – abad untuk mencapai yang sebelumnya di sebut tidak mungkin’.

X PRIZE Foundation mempelopori lahirnya hadiah-hadiah model baru dengan hadiah tingkat global yang disponsori perusahaan – perusahaan seperti Google dan Archon Mining. “Kerjasama kami dengan GEF dan IFC akan membuka peluang bagi investor dan innovator lain”, kata Charles Linbergh

No comments:

 
Created by : Towoks